Dongkrak Potensi Pariwisata Pesisir Kutim, Dispar Gelar Festival 3 Teluk

kaltimcyber.com. Dongkrak Potensi Pariwisata Pesisir Kutim, Dispar Gelar Festival 3 Teluk – Dalam upaya meningkatkan dan menarik kunjungan wisatawan di Kabupaten Kutai Timur (Kutim) khususnya dikawasan Pantai Teluk Lombok, Pemerintah Kabupaten Kutim melalui Dinas Pariwisata menggelar Festival 3 Teluk 2023 yang di pusatkan di Pantai Teluk Lombok Desa Sangkima, Kecamatan Sangatta Selatan yang di laksanakan dari tanggal 16-19 November 2023.

Festival 3 Teluk ini langsung dibuka Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman didampingi Kepala Dispar Kutim Nurullah, Camat Sangsel Abas, Camat Sangatta Utara Hasdiah hingga jajaran Forkopincam yang hadir di Kawasan Pantai Teluk Lombok, Kamis (16/11/2023).

Kadis Pariwisata Kutim Nurullah dalam sambutannya mengatakan tujuan dari menyelenggarakan festival ini Dispar Kutim ingin mengaktifkan kembali geliat pariwisata di Kutim khususnya di tiga teluk tersebut agar bisa bangkit kembali pasca Covid-19 yang lalu sangat menurun sampai saat ini belum stabil seperti tahun-tahun sebelumnya.

“Dengan adanya festival ini kunjungan ke 3 teluk kita harapkan bisa meningkat, karena 3 teluk ini merupakan bagian 30 destinasi wisata yang di unggulkan di Provinsi di Kalimantan Timur. Seperti diketahui 3 kawasan yang menjadi bagian unggulan di Provinsi Kalimantan Timur yang berada di Kutai Timur meliputi, Kawasan Teluk Lombok dan sekitarnya, Kawasan Mangkaliat dan Pulau Miang” ungkap Nurullah.

Sementara itu Bupati Kutim Ardiansyah Sulaeman di tempat yang sama mengatakan bahwa PAD Kutim sekitar 700 miliar itu berasal dari batu bara, padahal pertambangan tidak masuk dalam rancangan pembangunan RPJPD. Pada tahun 2050 batu bara akan dihilangkan dan akan dieliminasi pada tahun 2030, eksploitasi batu bara sudah mulai dikurangi.

“Apakah Kutim sudah siapa menghadapi hal ini, salah satu caranya yaitu dengan melaksanakan progam untuk meningkatkan industry pariwisata dengan melibatkan investor. Jika hanya dilevel kabupaten hanya akan mampu menumbuhkan ekonomi kreatif,” tendasnya.

Dongkrak Potensi Pariwisata Pesisir Kutim, Dispar Gelar Festival 3 Teluk

Kemudian sektor pertanian juga terus digalakkan, tak hanya ekspor hasil bumi tapi juga mendorong berdirinya industri pertanian modern sehingga juga menyerap tenaga kerja (naker) formal melalui industri kreatif dari hasil pertanian. Belum lagi, Kutim ada pengolahan udang beku untuk industri perikanan dan kelautan di Kutim untuk menyerap naker. Dilanjutkan industri peternakan yang hingga kini belum mampu memenuhi kebutuhan daging di pasar dan masyarakat.

“Harapan melalui festival ini, 3 teluk ini semakin dikenal. Mudah-mudahan ke depan menjadi destinasi wisata yang menggairahkan,” imbuhnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *