dr Novel Tyty Paembonan : Masa Reses Sangat Efektif Serap Aspirasi Masyarakat

kaltimcyber.com. dr Novel Tyty Paembonan : Masa Reses Sangat Efektif Serap Aspirasi Masyarakat – Masa reses merupakan masa dimana para Anggota Dewan bekerja di luar gedung DPR, menjumpai konstituen di daerah pemilihannya (Dapil) masing-masing. Pelaksanaan tugas Anggota Dewan di dapil dalam rangka menjaring, menampung aspirasi konstituen serta melaksanakan fungsi pengawasan dikenal dengan kunjungan kerja.

Sebagian besar masa reses dimanfaatkan oleh anggota legislative untuk bertemu dengan konstituennya untuk menghimpun atau mendengarkan pendapat maupun usulan yang di sampaikan mayarakat.

Anggota DPRD Kutim dr Novel Tyty Paembonan menyebut, masa reses sangat efektif digunakan sebagai upaya mengetahui secara pasti terhadap permasalahan yang di hadapi oleh masyarakat, terutama terkait dengan program pembangunan yang diharapakan termasuk untuk melihat program kerja yang sedang atau akan di lakukan oleh pemerintah.

“Reses dapat menjadi instrumen yang baik dan menjadi salah satu bentuk partisipasi masyarakat dalam proses pembuatan keputusan sebagai salah satu prinsip demokrasi,” ujarnya.

Masa reses juga menjadi momentum bagi masyarakat untuk ikut andil dalam proses perencanaan pembangunan yang akan dilakukan, namun juga tetap harus melalui mekanisme dan regulasi yang sudah ditetapkan.

“Untuk itu keterlibatan masyarakat dalam sebuah reses akan memberi hasil yang lebih aktual dan berbasis fakta sehingga mudah untuk dikonfirmasi atau diklarifikasi,” imbuhnya.

dr Novel Tyty Paembonan : Masa Reses Sangat Efektif Serap Aspirasi Masyarakat

Disisi lain, dengan dukungan anggaran yang cukup memadai yang dimiliki Kutim saat ini, Anggota Komisi A Bidang pemerintahan ini berharap masyarakat juga bisa ikut terlibat dan memanfaatkan kesempatan ini untuk bisa menyusun berbagai program yang di butuhkan agar pemerataan pembangunan dan kesejahteraan bisa segera terwujud.

“Nah melalui reses ini kami menghimpun masukan dan keinginan mereka, tentunya juga di putuskan melalui musyawarah, setelah itu kami bawa untuk di sampaikan kepada pemerintah, “tuturnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *